Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana cara mengenali dan menggali potensi anak ?

Sebagai orang tua pastinya kita sering merasa penasaran dan ingin tahu seberapa besar potensi yang dimiliki anak kita. ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk dapat menggali dan mengenali potensi apa yang dimiliki oleh anak-anak kita. yang antara lain adalah:
dengan kita mengamati apa bakat keluarga miliki, caranya dengan kita mengamati bakat dari masing-masing anggota keluarga miliki. selain itu juga amati bakat dari generasi keluarga kita sebelumnya yang nantinya kita rumuskan menjadi sebuah kesimpulan apa cikal bakal bakat yang dimiliki anak kita. misalnya ayah dan ibu memiliki bakat di bidang kesehatan, kecenderungan itu jaga akan turun menjadi bakat bagi anak-anak kita.
yang kedua dengan cara kita memberikan atensi, pemberian sarana, prasarana, meluangkan waktu untuk mendampingi anak latihan, mengikutkan anak ke perlombaan dan sebagainya. buatlah jalan bagi anak untuk mewujudkan bakatnya.
yang ke tiga yaitu jangan berikan trial dan error, yang dimagsud adalah untuk proses menemukan bakat tidak perlu kita memberikan kesibukan memasukkan anak kita ke banyak kursus yang bersifal trial dan error, apalagi itu bukan kehendak sang anak yang kadang kala itu hanyalah sebuah ikut-ikutan dari kenginan orang tua. hal ini justru akan membuang tenaga, waktu dan energi bahkan biaya. untuk itu, penggalian potensi dilakukan dengan minat sang anak sendiri. karena jika anak merasa senang dan enjoy, maka bakat, potensi dan kecerdasanya pun akan muncul dengan sendirinya.
lakukan dengan komitmen dan konsisten, magsudnya adalah untuk meluncurkan bakat, perlu adanya komitmen dan kusungguhan dalam menjalaninya, karena proses dari potensi dan minat akan mewujud jadi bakat itu perlku waktu dan proses latihan. ajarkan kedisiplinan, belajar, ulet, tidak merasa bosan dan lakukan secara terus menerus.
setelah proses itu berjalan, maka sering-seringlah mengikutkan lomba anak kita. karena dengan mengikuti lomba maka potensi bakat anak kita akan selalu teruji dan bakat yang dimilikinya akan semakin muncul dan tampak.

Post a Comment for "Bagaimana cara mengenali dan menggali potensi anak ?"