Skip to main content

Penyakit HEPATITIS

Hepatitis adalah merupakan salah satu penyakit dalam. Hepatitis akan menjadi sebuah penyakit yang mebahayakan jika tidak segera ditangani dari awal.
hepatitis adalah sebuah peradangan yang menyerang organ tubuh kita yaitu Hati dan Liver. hepatitis itu sendiri ada beberapa macam, yang antara lain : Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E, Hepatitis F dan Hepatitis G.
Hepatitis A sering mewabah didaerah yang biasanya kehigientas dan kebersihan juga sanitasinya kurang terjaga dengan baik. bisa juga terjadi jika seseorang memiliki kebiasaan beli makanan dan minuman disembarang tempat.
Hepatitis B merupakan jenis yang paling serius dapat ditimbulkan oleh Virus Hepatitis. Hepatitis jenis ini dapat memberikan resiko sirosis ( Pengerutan Hati ) dan kangker hati. virus ini dapat menular melalui kontak seksual, terkena cairan tubuh dari orang yang terinfeksi serta dari ibu ke janinya saat hamil.
Hepatitis C sama juga seperti Hepatitis B yaitu penyebab utama Hepatitis akut serta penyakit hati kronis. cara penularanya adalah melalui darah. sebagai contoh transfusi dan berbagi jarum suntik dengan penderita hepatitis C. masa inkubasi paling cepat selama 2 minggu hingga 2 bulan dan setelah itu barulah tampak gejala-gejalanya. hepatitis C ini mempunyai tingkatan keparahan yang bervaiasi, mulai dari yang dapat sembuh sendiri secara total, berkembang menjadi penyakit menahun hingga mengakibatkan gagal fungsi hati.
di masyarakat Hepatitis sering juga disebut dengan penyakit kuning. disebut begitu karena dari gejala fisik diantara bagian mata, kuku dan bagian putih mata berwarna kuning. air seninya pun berubah warna menjadi gelap seperti teh.
namun gejala itupun tidak begitu spesifik sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya. yang antara lain seperti demam ringan , lemah, lesu, mual, muntah, tidak nafsu makan dan kebutuhan tidurnya menjadi meningkat.
cara penjegahan dari masing- masing Hepatitis pun berbeda-beda tergantung kepada cara penularanya. sebagai contoh untuk Hepatitis A, penyakit ini dapat kita cegah dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun setiap habis buang air besar, menjaga kualitas air minum serta membuat tempat sanitasi yang baik.
untuk Hepatitis B dan C, cara pencegahanya dapat dilakukan dengan cara melakukan hubungan seks dengan aman dan sehat, menggunakan pelindung kepada orang yang pekerjaanya berhubungan dengan darah ( petugas kesehatan ) serta tidak menggunakan barang orang lain.
Pencegahan Hepatitis juga diberikan dengan cara imunisasi yang merupakan sebuah vaksinasi untuk menghasilkan anti body atau zat kekebalan tubuh yang berguna untuk mencegah penularan virus.
jaga selalu kesehatan kita dan jagan biarkan Hepatitis menjadi bagian dari hidup kita

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…