Skip to main content

artritis reumatoid

Setelah pada postingan yang lalu kita telah membahas tentang Osteoartritis, maka dalam postingan kali ini kita akan membahas masih dalam kategori penyakit Reumatologi. pada postingan kali ini kita akan belajar tentang apa itu Artritis reumatoid ? apa penyebab artritis reumatoid ? dan bagaimana pengobatan artritis reumatoid ?.

yang dimagsud dengan artritis reumatoid adalah suatu penyakit inflamasi sistemik kronik dengan manisfestasi utama poliartritis progresif dan melibatkan seluruh organ tubuh. setelah penyakit ini berkembang lebih lanjut sesuai dengan sifat progresivitasnya maka sendi akan terlibat pada penderita artritis reumatoid. Gejala konstitusional beruba kelemahan umum, cepat lelah dan gangguan lainya akan di tunujukan juga oleh penderita.

Penyakit sperti ini biasanya lebih banyak diderita oleh perempuan dibandingkan pria, dan terutama pada masa usia subur. penyakit ini juga terjadi akibat rantai peristiwa imunologi yang menyebabkan proses destruksi sendi. berhubungan dengan faktor genetik, hormonal, infeksi dan heat shock protein.

jika terdapat keraguan terjadinya penyakit artritis reumatoid untuk melihat prognosis penderita dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium sebagai pemeriksaan penunjang. dalam pemeriksaan ini akan didapatkan antara lain : kadar albumin serum turun dan globulin naik, trombosit akan meningkat, anemia normositik hipokrom akibat adanya inflamasi yang kronik, leukosit normal tetapi dapat meningkat sedikit, LED meningkat, protein C- reaktif biasanya positif, dan lainya. Pada pemeriksaan rontgen semua sendi dapat terkena namun seringnya adalah sendi metatarsoflang dan biasanya simetris, sendi sakroiliaka juga sering terkena.

Biasanya penderita artritis reumatoid akan merasakan kau - kaku pada persendian dan disekitarnya pada waktu pagi hari ( bangun tidur ) sampai sekitar waktu 1 jam. namun belum tentu juga jika orang merasakan kaku - kaku di persendian waktu pagi hari adalah merupakan penderita artritis reumatoid. Karena untuk menegakkan diagnosa artritis reumatoid harus memenui beberapa kriteria.

untuk mengatasi nyerinya digunakan obat Aspirin / ibuprofen, naproksen, piroksikam, diklofenak dan sebagainya dalam dosis tertentu. Untuk melindungi rawan sendinya digunakan obat dengan jenis - jenis : klorokuin, silfasazin, D-penisilamin, garam emas, Obat imunosupresif / imunoregulator dan kolikostiroid. obat ini juga di gunakan dalam dosis tertentu pula.

Pasien artritis reumatoid Juga terkadang memerlukan rehabilitasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup pasien antara lain dengan cara mengistirahatkan sendi yang terlibat, latihan, pemanasan dan lain sebagainya,. Fisioterapi juga dilakukan setelah rasa sakit pada sendi telah berkurang yang dilakukan tentunya dengan petugas kesehatan yang berkompeten di dalamnya.

Demikian pembahasan tentang artritis reumatoid semoga bermanfaat bagi kita semua dan mari kita selalu menjaga kesehatan kita untuk kehidupan yang lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…