Skip to main content

VITAMIN DAN MINERAL

Tentu kita sering mendengar tentang vitamin dan mineral di keseharian kita. vitamin adalah senyawa kimia yang diperlukan untuk fungsi metabolism normal dan penyembuhan jaringan, tubuh kita hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit setiap harinya yang diperoleh dari makanan sehari – hari. Masukan vitamin tersebut harus ditambah pada masa pertumbuhan badan yang cepat, ibu hamil dan menyusui, mereka yang mengalami sakit yang berat, bagi yang diet tidak memadai dan peminum alkohol.

Vitamin di bagi menjadi 2 kategori yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, K. vitamin – vitamin ini lambat di metabolism dan dapat disimpan jaringan lemak, hati dan otot dalam jumlah yang bermagna dan diekskresikan dalam urin dalam laju lambat. Vitamin A dan D bersifat toksik jika di pakai dalam jumlah yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Vitamin E dan K kurang bersifat toksik dari pada vitamin A dan D. makanan yang kaya vitamin A adalah buah – buahan dan sayur – sayuran berwarna kuning dan hijau, ikan dan produk dari susu. Makanan yang kaya vitamin D adalah susu, produk dari susu, dan margarine. Makanan yang kaya vitamin E adalah minyak, margarine, susu , biji – bijian daging. Makanan yang kaya vitamin K adalah sayur – sayuran yang berdaun hijau, daging, telur dan keju.

Vitamin A sangat penting bagi pemeliharaan kulit, mata, rambut dan pertumbuhan tulang, namun terapi dosis yang berlebihan dapat bersifat toksit. Selama kehamilan, kelebihan vitamin A ( >6000IU ) dapat menimbulkan efek teratogenik ( cacat lahir ) pada janin.

Vitamin D mempunyai peranan penting dalam mengatur metabolism kalsium, namun kelebihan vitamin D dapat mengakibatkan hipervitaminosis ( >40.000IU ) menimbulkan hiperkalsemia dengan gejala anoreksia, mual, muntah.

Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B komplek dan vitamin C. kelompok vitamin ini biasanya tidak bersifat toksit kecuali dalam jumlah yang sangat berlebih. Vitamin ini larut dalam air dan sangat mudah diekskresikan kedalam urin.

Vitamin C tidak disimpan didalam tubuh dan mudah diekskresikan kedalam urin. Vitamin C diabsorbsi dengan mudah melalui saluran gastrointestinal dan didistribusikan diseluruh cairan tubuh. Ginjal akan mengekresikan vitamin C seluruhnya hamper tanpa perubahan. Vitamin C di perlukan untuk metabolism karbohidrat, protein dan sintesa lemak. Kontrasepsi oral dapat menurunkan konsentrasi vitamin C dalam serum. Merokok juga menurunkan kadar vitamin C dalam serum. Vitamin C mengadosis yang dipakai bersama dengan aspirin atau sulfonamiod sapat mengakibatkan pembentukan Kristal dalam urin.

Vitamin B komplek terdiri dari vitamin B1 ( tiamin ) yang berfungsi sebagai meningkatkan pemakaian energy, dibutuhkan agar fungsi sitem syaraf dan jantung bekerja dengan baik, B2 ( riboflavin) berfungsi untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit bersisik sudut mult pecah – pecah, perdangan kulit dan lidah , vit B3 ( asam nikoyinat atau niasin ) berfungsi untuk reksi yang menghasilakn energy dan membantu system syaraf, vit B6 ( piridoksin ) sangat penting dalam metabolism, sintesis protein dan pembentukan sel – sel darah merah.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…