Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VITAMIN DAN MINERAL

Tentu kita sering mendengar tentang vitamin dan mineral di keseharian kita. vitamin adalah senyawa kimia yang diperlukan untuk fungsi metabolism normal dan penyembuhan jaringan, tubuh kita hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit setiap harinya yang diperoleh dari makanan sehari – hari. Masukan vitamin tersebut harus ditambah pada masa pertumbuhan badan yang cepat, ibu hamil dan menyusui, mereka yang mengalami sakit yang berat, bagi yang diet tidak memadai dan peminum alkohol.

Vitamin di bagi menjadi 2 kategori yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, K. vitamin – vitamin ini lambat di metabolism dan dapat disimpan jaringan lemak, hati dan otot dalam jumlah yang bermagna dan diekskresikan dalam urin dalam laju lambat. Vitamin A dan D bersifat toksik jika di pakai dalam jumlah yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Vitamin E dan K kurang bersifat toksik dari pada vitamin A dan D. makanan yang kaya vitamin A adalah buah – buahan dan sayur – sayuran berwarna kuning dan hijau, ikan dan produk dari susu. Makanan yang kaya vitamin D adalah susu, produk dari susu, dan margarine. Makanan yang kaya vitamin E adalah minyak, margarine, susu , biji – bijian daging. Makanan yang kaya vitamin K adalah sayur – sayuran yang berdaun hijau, daging, telur dan keju.

Vitamin A sangat penting bagi pemeliharaan kulit, mata, rambut dan pertumbuhan tulang, namun terapi dosis yang berlebihan dapat bersifat toksit. Selama kehamilan, kelebihan vitamin A ( >6000IU ) dapat menimbulkan efek teratogenik ( cacat lahir ) pada janin.

Vitamin D mempunyai peranan penting dalam mengatur metabolism kalsium, namun kelebihan vitamin D dapat mengakibatkan hipervitaminosis ( >40.000IU ) menimbulkan hiperkalsemia dengan gejala anoreksia, mual, muntah.

Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B komplek dan vitamin C. kelompok vitamin ini biasanya tidak bersifat toksit kecuali dalam jumlah yang sangat berlebih. Vitamin ini larut dalam air dan sangat mudah diekskresikan kedalam urin.

Vitamin C tidak disimpan didalam tubuh dan mudah diekskresikan kedalam urin. Vitamin C diabsorbsi dengan mudah melalui saluran gastrointestinal dan didistribusikan diseluruh cairan tubuh. Ginjal akan mengekresikan vitamin C seluruhnya hamper tanpa perubahan. Vitamin C di perlukan untuk metabolism karbohidrat, protein dan sintesa lemak. Kontrasepsi oral dapat menurunkan konsentrasi vitamin C dalam serum. Merokok juga menurunkan kadar vitamin C dalam serum. Vitamin C mengadosis yang dipakai bersama dengan aspirin atau sulfonamiod sapat mengakibatkan pembentukan Kristal dalam urin.

Vitamin B komplek terdiri dari vitamin B1 ( tiamin ) yang berfungsi sebagai meningkatkan pemakaian energy, dibutuhkan agar fungsi sitem syaraf dan jantung bekerja dengan baik, B2 ( riboflavin) berfungsi untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit bersisik sudut mult pecah – pecah, perdangan kulit dan lidah , vit B3 ( asam nikoyinat atau niasin ) berfungsi untuk reksi yang menghasilakn energy dan membantu system syaraf, vit B6 ( piridoksin ) sangat penting dalam metabolism, sintesis protein dan pembentukan sel – sel darah merah.

Post a Comment for "VITAMIN DAN MINERAL"