Skip to main content

darah

Darah adalah jaringan yang beredar di dalam pembuluh darah, terdiri dari plasma dan korpuskuli atau komponen seluler.

Apa fungsi darah ? darah mempunyai banyak fungsi bagi tubuh kita diantaranya adalah :

Bagi Pernafasan, berfungsi sebagai pengangkut O2 ( oksigen ) dari paru ke jaringan dan CO2 dari jaringan ke paru.

Bagi Ekskresi berfungsi sebagai pengangkut hasil katabolisme yang tidak digunakan untuk dibuang.

Bagi Nutrisi berfungsi sebagai pengangkut hidrolisis bahan – bahan makanan yang telah di absobsi. Selain itu juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan asam – asam tubuh, mengatur keseimbangan air, sebagai pertahanan terhadap ineksi ( dilakukan oleh leukosit dan anti bodi ), pengangkut hormone pengatur metabolisme, pengatur suhu tubuh, pengangkut metabolit.

Hematokrit atau packed cell volume ( PVC ) apabila darah di cegah koagulasinya, kemudian disentrifugasi maka sel – sel darah akan berada di bawah. Volume normal sel – sel darah tersebut kira – kira sebesar 45 %.

Berat jenis darah lengkap adalah 1.054 sampai 1.060, sedang berat jenis plasma adalah 1.024 sampai 1.028, dan viskositas darah lengkap adalah 4,5 kali vikositas air. Volume darah kira – kira 85 ml/kg berat badan, sedangkan volume plasma kira – kira 45 ml/kg berat badan. pH darah kira – kira 7,3 sampai 7,5 ( rata – rata 7,4 )

Tekanan osmosis darah kira – kira 7 – 8 atm pada suhu tubuh. Larutan garam isotonic mempunyai tekanan osmosis yang sama dengan darah ( fisiologis ) yaitu antara lain NaCl 0,9 % larutan linger, larutan Ringer-Locke dan larutan Tyrode. Sel – sel darah mempunyai kandungan : sel darah merah mengandung pigmen darah ( Hb ) suatu kromoprotein. Sedangkan sel darah putih mengandung granulosit ( eosinofil, basoil, neutroil ), agranulosit ( limfosit dan monosit ).

Darah ( Whole Blood ) sudah dapat dipisahkan dengan teknik sentrifugasi. Hasil – hasil pemisahan menghasilkan :

1. Packed Red Cell ( PRC ) : suspensi eritrosit

2. Washed Red Cell : PRC yang di cuci 3 kali dengan larutan NaCl isiologis, sehingga sisa plasma terbuang habis.

3. Palasma ada 4 macam yaitu : plasma biasa, plasma segar, plasma segar yang dibekukan, plasma segar yang kaya trombosit.

4. Trombosit concentrate digunakan pada penderita trombositopenia.

5. Cryprecipitate ( factor VIII ) atau antihemophylic actor ( AHF ) digunakan pada penderita – penderita hemoilia yang mengalami perdarahan atau yang mengalami operasi.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…