Skip to main content

penyakit atau infeksi menular seksual

Pernahkah kamu mendengar tentang PMS / IMS ? penyakit Infeksi menular seksual adalah infeksi yang biasanya disebabkan oleh hubungan seksual dengan orang yang sudah terjangkit salah satu PMS ( penyakit menular seksual ). PMS dapat menular melaui cairan tubuh yaitu cairan vagina, cairan sperma dan cairan darah.

siapa yang beresiko terkena IMS ? setiap orang bisa tertular IMS, orang yang paling beresiko terkena IMS adalah orang yang suka bergonta - ganti pasangan seksual dan orang yang walaupun setia pada satu pasangan namun pasangan tersebut suka bergonta - ganti pasangan seksual. kebanyakan yang terkena IMS berusia 15 - 29 tahun, tetapi ada pula bayi yang lahir membawa IMS karena tertular dari orang tuanya.

apa bahaya yang di timbulkan dari IMS ? IMS dapat menyebabkan mandul, menyebabkan keguguran menimbulkan kangker leher rahim merusak pengelihatan otak dan hati, bisa ditularkan kpada bayi, lebih mudah tertular HIV / AIDS dan bisa pula menyebabkan kematian.

ada beberapa jenis IMS dan gejalanya, antara lain adalah :
Klamidia : gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalah nyeri saat kencing, keluar cairan lendir dan bening dari kemaluan, berwarna kuning kehijauan dan bau serta terasa gatal. sedangkan pada perempuan muncul gejala nyeri pada kemaluan tetapi kadang tidak ada keluhan, keputihan yang disertai nyeri pada saat kencing dan perdarahan setelah melakukan hubungan seksual ( gejalanya mirip GO tetapi lebih ringan ), penularan tidak disadari karena kebanyakan perempuan yang terinfekai tidak merasakan gejalanya.

GO ( Gonore ) / Kencing Nanah : gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalahrasa sakit waktu buang air kecil atau ereksi, keluar nanah dari saluran kencing terutama pagi hari, gejala timbul dalam waktu satu minggu. sedangkan pada perempuan muncul gejala nyeri di daerah perut bagian bawah kadang - kadang disertai keputihan dan berbau, alat kelamin terasa sakit atau gatal. rasa sakit atau panas saat kencing dan pendarahan waktu melakukan hubungan seksual. nyeri saat kencing tidak sehebat pada pria.

Sifilis ( Raja Singa ) gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalah bintil - bintil berair sepeti cacar disertai timbulnya luka yang terasa nyeri disekitar kelamin, pada stadium lanjut akan nampak seperti koreng berwarna merah ( luka terbuka ), kadang disertai dengan pusing - pusing dan nyeri tulang seperti flu, ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 5 sampai 12 minggu setelah hubungan seks, setalah 2 sampai 3 tahun pertama penyakit ini tidak menunjukan gejala apa - apa tetapi setelah 5 sampai 10 tahun penyakit ini akan menyerang susunan syaraf otak pembuluh darah dan jantung. sedangkan gejala yang timbul pada perempuan adalah sama seperti gejala pada laki - laki.

Herpes Kelamin : gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalah badan lemas nyeri sendi pada daerah terinfeksi dan demam, tampak kelainan kulit yang berbenjol - benjol bulat atau lonjong kecil, kadang ada rasa seperti terbakar atau gatal pada kelamin, diikuti timbulnya bintil - bintil berisi air atas kulit dengan warna kemerahan, gejala pada serangan pertama umumnya lebih berat di bandingkan ketika kambuh, sebelum lecet biasanya diawali keluhan pegal - pegal otot disertai demam , pembengkakan kelenjar lipatan paha, serta kemerahan pada tempat yang kena. sdangkan gejala yang timbul pada perempuan adalah : sama pada laki - laki, pada perempuan biasanya timbul disekitar kelamin dinding liang kemaluan dan kadang - kadang disekitar anus.

Jengger Ayam / Kutil Kelamin : gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalahtimbul kutil pada daerah terinfeksi, dalam kasus lanjut kutil bergerombol seperti jengger ayam di daerah kemaluan dan anus, ukuran kutil berfariasi dari yang kecil sampai besar sekali. sedangkan untuk perempuan timbul gejala : nyeri pada kemaluan tetapi kadang tidak ada keluhan, pada perempuan dapat mengenai kulit di daerah kelamin sampai dubur selaput lendir bagian dalam liang kemaluan sampai leher rahim, pada perempuan hamil, kutil dapat tumbh sampai besar sekali adakalanya seorang perempuan baru mengetahui setelah melakukan pap-smear.

Hepatitis ( B dan C )
gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalah penyebab viris yang menyerang hati ( liver ), gejalanya tidak terlihat pada alat kelamin, tetapi penularanya bisa lewat hubungan seksual dengan tanda - tanda badan lemas kurang gairah dan kadang demam, pada kasus parah tampak kulit leaput mata berwarna kuning. sedangkan gejala pada perempuan sam dengan gejala pada laki - laki.

HIV / AIDS : gejala - gejala yang muncul pada laki - laki adalah walaupun virus sudah ada di dalam darah namun tidak nampak gejala sama sekali, pada penderita yang sudah menunjukan gejala ( AIDS ) nampak gejala yang sangat kompleks yang sulit membedakan dengan penderita kangker stadium lanjut. sedang gejala pada perempuan adalah sama dengan laki - laki.

Meskipun ada tanda - tanda yang sama seperti yang telah kita uraikan diatas, bisa saja merupakan tanda - tanda penyakit lain. bila ada tanda - tanda seperti tersebut diatas maka segeralah pergi ke dokter dan jangan mencoba untuk mngobati sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…