Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Glaucoma / Glaukoma

Apakah glaukoma itu ?
mari kita bersama belajar apa itu penyakit glaukoma.
Glaukoma adalah penyakit saraf utama dari pengelihatan, yang disebut saraf optik. Saraf optik menerima cahaya-impuls saraf yang dihasilkan dari retina dan mengirimkan ini ke otak, di mana kita mengenali sinyal-sinyal listrik sebagai visi. Glaukoma ditandai oleh pola tertentu kerusakan progresif saraf optik yang umumnya dimulai dengan hilangnya penglihatan halus samping (peripheral vision). Jika glaukoma tidak didiagnosis dan diobati, dapat berkembang menjadi hilangnya penglihatan sentral dan kebutaan. 

Glaukoma biasanya, tetapi tidak selalu, berhubungan dengan tekanan tinggi di mata (tekanan intraokuler). Secara umum, inilah tekanan mata tinggi yang mengarah ke kerusakan mata (optik) saraf. Dalam beberapa kasus, glaukoma dapat terjadi dengan adanya tekanan mata yang normal. Bentuk glaukoma diyakini disebabkan oleh peraturan miskin dari aliran darah ke saraf optik.

Seluruh dunia, glaukoma adalah penyebab utama kebutaan ireversibel. Bahkan, sebanyak 6 juta orang buta di kedua mata dari penyakit ini. Di Amerika Serikat saja, menurut salah satu perkiraan, lebih dari 3 juta orang memiliki glaukoma. Sebanyak setengah dari individu dengan glaukoma, bagaimanapun, mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit. Alasan mereka tidak menyadari adalah bahwa glaukoma pada awalnya tidak menimbulkan gejala, dan hilangnya penglihatan berikutnya samping (peripheral vision) biasanya tidak diakui.

Apa penyebab glaukoma?

Tekanan meningkat pada mata adalah faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada mata glaukoma (optik) saraf. Glaukoma dengan tekanan intraokular normal dibahas di bawah ini pada bagian berbagai jenis glaukoma. Saraf optik, yang terletak di belakang mata, adalah saraf visual utamanya untuk mata. Saraf ini mentransmisikan gambar kita melihat kembali ke otak untuk interpretasi. Mata tegas dan bulat, seperti bola basket. Nada dan bentuk dipelihara oleh suatu tekanan di dalam mata (tekanan intraokuler), yang biasanya berkisar antara 8 mm dan 22 mm (milimeter) dari merkuri. Bila tekanan terlalu rendah, mata menjadi lebih lembut, sementara tekanan tinggi menyebabkan mata menjadi lebih keras. Saraf optik adalah bagian yang paling rentan dari mata terhadap tekanan tinggi karena serat-serat halus dalam saraf ini mudah rusak.
 
Bagian depan mata diisi dengan cairan bening yang disebut aqueous humor, yang menyediakan makanan untuk struktur di depan mata. Cairan ini diproduksi terus menerus oleh tubuh ciliary, yang mengelilingi lensa mata. Aqueous humor kemudian mengalir melalui pupil dan meninggalkan mata melalui saluran kecil yang disebut trabecular meshwork. Saluran ini terletak di apa yang disebut sudut drainase mata. Sudut ini adalah dimana kornea yang jelas, yang mencakup bagian depan mata, menempel pada dasar (akar atau pinggiran) dari iris, yang merupakan bagian berwarna dari mata. Kornea mencakup iris dan pupil, yang berada di depan lensa. Murid adalah, bulat kecil, hitam-muncul lubang di tengah iris. Cahaya melewati pupil, pada melalui lensa, dan retina di belakang mata. Silakan lihat angka, yang merupakan diagram yang menunjukkan sudut drainase mata.

Post a Comment for "Glaucoma / Glaukoma"