Skip to main content

Glaucoma / Glaukoma

Apakah glaukoma itu ?
mari kita bersama belajar apa itu penyakit glaukoma.
Glaukoma adalah penyakit saraf utama dari pengelihatan, yang disebut saraf optik. Saraf optik menerima cahaya-impuls saraf yang dihasilkan dari retina dan mengirimkan ini ke otak, di mana kita mengenali sinyal-sinyal listrik sebagai visi. Glaukoma ditandai oleh pola tertentu kerusakan progresif saraf optik yang umumnya dimulai dengan hilangnya penglihatan halus samping (peripheral vision). Jika glaukoma tidak didiagnosis dan diobati, dapat berkembang menjadi hilangnya penglihatan sentral dan kebutaan. 

Glaukoma biasanya, tetapi tidak selalu, berhubungan dengan tekanan tinggi di mata (tekanan intraokuler). Secara umum, inilah tekanan mata tinggi yang mengarah ke kerusakan mata (optik) saraf. Dalam beberapa kasus, glaukoma dapat terjadi dengan adanya tekanan mata yang normal. Bentuk glaukoma diyakini disebabkan oleh peraturan miskin dari aliran darah ke saraf optik.

Seluruh dunia, glaukoma adalah penyebab utama kebutaan ireversibel. Bahkan, sebanyak 6 juta orang buta di kedua mata dari penyakit ini. Di Amerika Serikat saja, menurut salah satu perkiraan, lebih dari 3 juta orang memiliki glaukoma. Sebanyak setengah dari individu dengan glaukoma, bagaimanapun, mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit. Alasan mereka tidak menyadari adalah bahwa glaukoma pada awalnya tidak menimbulkan gejala, dan hilangnya penglihatan berikutnya samping (peripheral vision) biasanya tidak diakui.

Apa penyebab glaukoma?

Tekanan meningkat pada mata adalah faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada mata glaukoma (optik) saraf. Glaukoma dengan tekanan intraokular normal dibahas di bawah ini pada bagian berbagai jenis glaukoma. Saraf optik, yang terletak di belakang mata, adalah saraf visual utamanya untuk mata. Saraf ini mentransmisikan gambar kita melihat kembali ke otak untuk interpretasi. Mata tegas dan bulat, seperti bola basket. Nada dan bentuk dipelihara oleh suatu tekanan di dalam mata (tekanan intraokuler), yang biasanya berkisar antara 8 mm dan 22 mm (milimeter) dari merkuri. Bila tekanan terlalu rendah, mata menjadi lebih lembut, sementara tekanan tinggi menyebabkan mata menjadi lebih keras. Saraf optik adalah bagian yang paling rentan dari mata terhadap tekanan tinggi karena serat-serat halus dalam saraf ini mudah rusak.
 
Bagian depan mata diisi dengan cairan bening yang disebut aqueous humor, yang menyediakan makanan untuk struktur di depan mata. Cairan ini diproduksi terus menerus oleh tubuh ciliary, yang mengelilingi lensa mata. Aqueous humor kemudian mengalir melalui pupil dan meninggalkan mata melalui saluran kecil yang disebut trabecular meshwork. Saluran ini terletak di apa yang disebut sudut drainase mata. Sudut ini adalah dimana kornea yang jelas, yang mencakup bagian depan mata, menempel pada dasar (akar atau pinggiran) dari iris, yang merupakan bagian berwarna dari mata. Kornea mencakup iris dan pupil, yang berada di depan lensa. Murid adalah, bulat kecil, hitam-muncul lubang di tengah iris. Cahaya melewati pupil, pada melalui lensa, dan retina di belakang mata. Silakan lihat angka, yang merupakan diagram yang menunjukkan sudut drainase mata.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…