Skip to main content

SKIZOFRENIA PARANOID

Skizofrenia paranoid adalah skizofrenia yang terdiri yang terdiri dari kelainan psikosis yang berkembang perlahan – lahan di tandai dengan waham yang menetap, tidak bisa berubah, sistematis dan mempunyai alas an – alas an yang tidak masuk akal.

Gejala Skizofrenia paranoid

Gejala – gejala menurut PPDGJ III adalah :

- Proses pikir diluar sentral cukup baik.

- Struktur kepribadianya yang retak

- Gerakan cukup harmonis

- Keadaan efektif umumnya stabil, bila ada perubahan di dahului perubahan waham.


Etiologi Skizofrenia paranoid

- Ambisi yang besar, tetapi tidak mampu mencapai frustasi.

- Ingin mencapai kepribadian dari kecenderungan dan impuls yang tidak disukai

- Adanya rasa bersalah

Sering terjadi pada keluarga dimana salah satu orang tua bersikap otoriter keras. Hal ini menimbulkan kebencian terhadap orang tua yang otoriter dan identitas yang berlebihan dari orang tua lainya. Timbulnya rasa bersalah yang diatasi dengan cara rasionalisasi. Ide paranoid bervariasi luar, primer ditentukan oleh kebutuhan utama pemuasan diri dan sekunder ditentukan oleh tipe rasionalisasi. Pasien seringkali khawatir kalau – kalau wahamnya diragukan orang.

Tipe lainya mempunyai waham kebesaran dimana pasien berubah menjadi tuhan , nabi – nabi srta mempunyai kekuatan supranatural atau menjadi pemimpin untuk memperbarui dunia. Pada tipe erotic pasien menjadi percaya banyak orang yang mencintai dirinya.

Paranoid sering terjadi pada pasien dengan intelegansi yang tinggi, tetapi e nergi tidak dipergunakan secara baik. Mungkin hal ini disebabkan karena pasien menemukan bahwa mekanisme pertahanan rasionalisasi dan proyeksi merupakan mekanisme pertahanan yang memuaskan.

Psikoterapi sangat penting bersifat suportif dan redukatif tidak mengkritik waham secara langsung, melainkan mengatakan “ saya mengerti apa yang anda rasakan tetapi hal itu tidak Nampak lagi saya tidak mengungkit hal – hal yang ada pada dasarnya membuat malu “. Memperkuat kepuasanya atas kesehatan kerja yang dilakukan dalam batas – batas kemampuanya, membantu adaptasi sosial yang memuaskan.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…