Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH ITU PENTING DAN MUDAH

banyak di jumpai di daerah sekitar kita masyarakat yang terkena demam berdarah, apalagi untuk masa penghujan dimana nyamuk demam berdarah mulai berkembang merajalela. maka dari itu hendaklah kita melakukan pencegahan terjadinya hal tersebut. yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita melakukan pencegahan tersebut?. sebenarnya jawaban untuk hal itu sangatlah mudah, hal itu di mulainya dari kesadaran kita sendiri untuk melakukanya.
hal penting yang harus kita laksanakan adalah melakukan 3 M :

MENGURAS
kita harus menguras bak-bak penampungan air minimal 1 kali dalam satu minggu baik yang ada didalam rumah maupun yang ada diluar. dari cara ini masih ada timbul pertanyaan, " bagaimana kalau tempat penampungan air itu sulit bahkan tidak memungkinkan untuk di kuras? ", dari pertanyaan tersebut ternyata masih dapat kita tangani, untuk masalah tersebut penangananya adalah dengan kita memberikan 1-2 ekor ikan yang kita sesuaikan dengan besar kecilnya tampungan air tersebut. muncul pertanyaan lagi, " kenapa harus di berikan ikan ? ", mengapa harus di berikanya ikan adalah untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk tersebut jika bertelur ditampungan dengan ikan memakan jentik-jentik nyamuk tersebut.

MENUTUP
apa yang harus kita tutup ?, yang harus kita tutup adalah bak-bak penampungan air yang memungkinkan nyamuk dapat bertelur disitu. pastikan bak - bak tampungan air selalu tertutup rapat ketika sedang tidak digunakan.

MENGUBUR
apa yang harus kita kubur ?, yang dimagsud adalah kita harus mengubur barang - barang bekas yang bisa kemasukan air dan memungkinkan nyamuk dapat bersarang dan bertelur disitu. sebagai contoh kaleng-kaleng bekas, tempurung kelapa dan barang - barang bekas lainya. pastikan berang - barang bekas itu tidak memungkinkan untuk menjadi genangan air. bila barang2 itu masih terpakai dan sayang untuk di kubur / dimusnahkan, usahakan untuk selalu dalam keadaan tengkurap.

betapa mudahnya melakukan pencegahan demam berdarah tersebut, namun kendala yang kita jumpai adalah kurangnya kekompakan pada masyarakat kita, sebab tidak ada artinya jika sebagian orang yang memiliki kesadaran namun yang lainya tidak, sebagian melakukan pencegahan namun yang lainya tidak melakukan. pencegahan itu kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan kemudian dalam lingkup masyarakat, bagaimana caranya ?, kita dapat melakukan kegiatan masyarakat secara bersama-sama sebagai misal kita melakukan kegiatan jumat bersih di mulai dari rumah sendiri - sendiri, pekarangan dan di jalan - jalan.

setelah kita cermati ternyata pencegahan demam berdarah itu sangat mudah, setelah kita mengetahui hal tersebut mengapa kita tidak segera melakukanya, dan bahkan cara tersebut mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya.

Post a Comment for "PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH ITU PENTING DAN MUDAH"