Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Giardiasis ( demam berang – berang )


baru kali ini saya mendengar tentang penyakit Giardiasis. setelah baca dari berbagai sumber maka dapat saya paparkan tentang penyakit Giardiasis atau yang disebut demam berang - berang.

Penyakit Giardisasi ini umumnya disebut demam berang-berang. Giardiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa flagellata giardia lamblia. Organisme giardia menghuni saluran pencernaan pada hewan jinak dan buas, dan juga manusia. Penyakit ini menyebabkan gastroentritis pada manusia, menginfeksi sekitar 200 juta orang di seluruh dunia. Wiki pedia
Giardiasis, infeksi usus kecil yang disebabkan oleh Giardia lamblia parasit protozoa. Penyakit ini paling sering dikontrak melalui kebersihan pribadi yang buruk atau kontak dengan orang yang terinfeksi, termasuk mengganti popok kotor atau kontak seksual. Ini juga hasil dari minum air yang tidak diobati atau makan makanan yang terkontaminasi. Gejala giardiasis mungkin termasuk ringan sampai diare berat, mual, kram perut, nafsu makan yang buruk, dan kelelahan.

Giardiasis dapat terjadi di seluruh dunia. Orang yang berisiko tinggi untuk penyakit ini termasuk kelompok anak-anak di bawah usia lima tahun di pengaturan penitipan, individu yang hidup jangka panjang fasilitas perawatan, pria homoseksual dan wanita, dan orang-orang yang minum air dari sungai yang tidak diobati dan sungai. Hal ini lebih umum di daerah tropis dan daerah miskin yang kurang system pengolahan air.

dalam siklus hidupnya Giardia lamblia muncul dalam dua bentuk: sebagai trophozoite berenang bebas didorong oleh flagela dan sebagai kista berbentuk telur, aktif dikelilingi oleh dinding, tebal pelindung. Giardia tersebar dari satu mamalia manusia atau lainnya ke dalam bentuk kista. Setelah kista tertelan Giardia oleh host baru, perut dan enzim pencernaan asam melarutkan kista untuk melepaskan trofozoit. Bebas-berenang trophozoites, atau protozoa aktif, melekat pada dinding usus kecil dan bereproduksi. Paparan konsentrasi tinggi empedu dalam usus merangsang lingkungan trophozoites untuk mengubah ke dalam bentuk kista. Dinding tebal kista melindungi trophozoite ketika diekskresikan dengan bahan kotoran dan, jika dibiarkan lembab, memungkinkan untuk bertahan hidup selama dua sampai tiga bulan di luar tubuh.

Ada sekitar dua pertiga orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala Giardialamblia setelah infeksi. Di lain, timbulnya gejala membutuhkan waktu tujuh sampai sepuluh hari. Penundaan ini membedakan gejala keracunan makanan giardiasis dari di mana gejala yang sama, bersama dengan demam, berkembang dalam jam makan. Giardiasis didiagnosis dengan memeriksa feces di laboratorium untuk keberadaan kista. Jika perlu, biopsi dapat dilakukan di mana sampel jaringan usus akan dihapus dan diperiksa di bawah mikroskop untuk kehadiran trofozoit.

Post a Comment for "Giardiasis ( demam berang – berang )"