Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Berhenti Merokok

Merokok mungkin bagi sebagian orang adalah sebuah kenikmatan, namun mereka tidak menyadari bahwa ternyata banyak resiko yang disebabkan dari merokok itu sendiri. Karena dalam satu batang rokok terdapat beribu-ribu sumber penyakit yang mengancam.

Berhenti merokok merupakan tindakan yang sulit, namun semua orang dapat berhenti. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menghentikannya.

Merokok dapat menyebabkan 430.000 kematian per tahunnya. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, bronkitis kronis, pembengkakan paru-paru, impoten, mandul, kanker rongga mulut, dan saluran pernafasan.

Merokok tidak hanya membahayakan pengguna, tapi juga orang yang berada di sekitarnya. Terutama anak-anak. Anak-anak yang salah satu orang tuanya perokok, sangat rentan terkena asma, infeksi telinga, infeksi paru-paru, dan alergi. Hati-hati, bayi yang tinggal bersama dengan perokok dapat mengalami kemungkinan terkena sindrom, lalu meninggal secara mendadak.
Tidak sedikit orang yang ingin berhenti merokok mengalami kegagalan. Menurut penelitian, hambatan berhenti merokok disebabkan karena nikotin yang terkandung di dalam rokok. Nikotin bersifat aditif, sehingga banyak perokok akan mengalami kecanduan, dengan gangguan sulit tidur, merasa depresi, cepat marah, dan mudah sekali merasa lelah.
Oleh karena itu, jika Anda tidak kunjung dapat menghentikan kebiasaan merokok Anda, Anda dapat meminta bantuan kepada ahli, yang akan memberi Anda perawatan khusus, seperti terapi sulih nikotin, bupropion. Anda juga dapat mengikuti konseling yang diadakan di rumah sakit.

Perlu diketahui, bahwa banyak sekali manfaatnya Anda jika telah berhenti merokok, di antaranya Anda terlihat lebih segar dibanding sebelumnya (karena tidak terganggu bau rokok, dan nafsu makan yang bertambah), tidak cepat lelah, terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin ditimbulkan jika Anda terus menerus merokok, menghindarkan keluarga dari kemungkinan terkena penyakit akibat rokok, dan lebih hemat jika dilihat dari segi pengeluaran.

Untuk berhenti merokok, harus ada keinginan yang kuat dari diri sendiri / motivasi pribadi. Pikirkan keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah bebas dari rokok, atau bila perlu tuliskan kekahawatiran Anda tentang rokok. Kuatkan diri untuk menghadapi efek samping karena berhenti merokok. Mintalah dukungan dari orang-orang di sekitar. Dan berilah penghargaan pada diri sendiri bila tujuan untuk berhenti merokok sudah tercapai.

Post a Comment for "Tips Berhenti Merokok"