Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ACUT LIMFOCITIC LEUKIMIA ( ALL )

Acut Limfocitic Leukimia ( ALL ) adalah penyakit yang ditandai dengan adanya proliferasi leukosit yang tidak terkontrol didalam darah, sumsum tulang dan jaringan retikoendotelitel. Atau juga poliferasi sel darah putih yang masih imatur dalam jaringan pembentuk darah. 

Dari dua pendapat diatas maka disimpulkan bahwa ACUT LIMFOCITIC LEUKIMIA ( ALL ) adalah penyakit yang ditandai dengan adanya proliferasi sel darah putih ( leukosit ) yang masih imatur ( muda ) dalam jaringan pembentuk sel darah ( sumsum tulang dan jaringan retikuloendotelilal )
Sel darah putih rupanya bening dan tidak berwarna, bentuknya lebih besar dari sel darah merah, tetapi jumlahnya lebih kecil. Dalam setiap millimeter kubik darah terdapat 6000 sampai 10000 ( rata – rata 8000 ) sel darah putih, bila jumlahnya lebih dari 12.000 keadaan itu disebut leukositosis, bila kurang dari 5000 disebut leucopenia.

Ada 2 golongan utama leukosit, yaitu :
Agranular : mempunyai sitoplasma yang tampak homogeny dan intinya berbentuk bulat atau berbentuk ginjal terdiri dari limfosit dan monosit.
Granular : leukosit granular selalu mengandung granula spesifik, cirri lainya ialah intinya yang berlobus banyak ( Polimorf ) yang terdiri dari neutrofil, Eosinofil dan Basofil.

Etiologi dari ACUT LIMFOCITIC LEUKIMIA adalah penyebab pastinya belum diketahui, akan tetapi terdapat factor predisposisi yang menyebabkan terjadinya leukemia yaitu :
Faktor genetic ( virus tertentu menyebabkan terjadinya perubahan struktur gen ( T ZCell Leukimia – Lymphoma Virus / HTLV )), Radiasi, Obat – obatan imunosurpresif – obat – obat karsinogenik seperti diethylstibesta, Faktor heriditer misalnya pada down syndrome.

ACUT LIMFOCITIC LEUKIMIA dapat menyebabkan komplikasi yang antara lain : Sepsis, Perdarahan, Gagal organ, Iron deficiency anemia ( IDA ) dan kematian

Post a Comment for "ACUT LIMFOCITIC LEUKIMIA ( ALL )"