Skip to main content

osteoartritis


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu osteoartritis, bagaimana osteoartritis bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Apa itu osteoartritis ? osteoartritis adalah merupakan penyakit pada kerusakan tulang rawan sendi yang berkembang lambat dan berhubungan dengan usia lanjut. penyakit ini juga disebut dengan penyakit sendi degeneratif atau artritis hipertrofi. Penyakit ini secara klinis di tandai juga dengan deformitas, nyeri, hambatan gerak pada sendi - sendi tangan dan sendi besar yang menanggung beban dan juga pembesaran sendi. sering pula berhubungan dengan trauma / mikro trauma yang berulang-ulang, stres oleh beban tubuh, obesitas, serta penyakit - penyakit pada sendi yang lainya.

Penyebab / etiologi dari penyakit osteoartritis belum diketahui dengan pasti sampai sekarang ini. Namun ada beberapa faktor resiko yang diketahui berhubungan dengan penyakit osteoartritis ini yaitu antara lain : usia lebih dari 40 tahun, faktor suku bangsa, kegemukan serta penyakit metabolik, kelainan pertumbuhan, jenis kelamin terutama perempuan, genetik, cedera sendi, pekerjaan, olahraga, kepadatan tulang serta lainya.

gejala utama dari osteoartritis adalah adanya rasa nyeri pada sendi yang terkena terutama pada waktu di gunakan bergerak. pada umumnya akan timbul secara perlahan - lahan, akan dirasakan mula - mula rasa rasa kaku lalu timbul juga rasa nyeri dan akan berkurang pada saat istirahat. terdapat juga hambatan pada bergeraknya sendi, kaku saat pagi hari, krepitasi, pembesaran sendi dan perubahan gaya berjalan.

peningkatan enzim - enzim menyebabkan rusaknya makromolekul matriks fokal tulang rawan sendi / proteoglikan dan kolagen terjadi kerusakan fokal rawan tulang sendi secara progresif dan pembentukan tulang baru pada dasar lesi tulang rawan sendi serta tepi sendi ( osteofit ) osteofit tersebut terbentuk sebagai suatu proses perbaikan untuk membentuk kembali persendian sehingga di lihat sebagai kegagalan sendi yang progresif. begitulah proses / patofisiologi osteoartritis.

pada pemeriksaan penyakit osteoartritis dapat dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium : darah tepi, imunologi, cairan sendi umumnya tidak dijumpai kelainan. tetapi kecuali pada osteoartritis yang disertai dengan peradangan. pemeriksaan yang lainya adalah pemeriksaan radiologi yang akan di dapatkan penyempitan rongga sendi disertai dengan sklerosis pada tepi persendian. mungkin terjadi deformitas, osteofitosis, dan atau pembentukan kista juksa artikular. terkadang juga tampak adanya gambaran spur formation, liping pada tepi -tepi tulang dan adanya tulang - tulang yang terlepas.

tidak ada pengobatan yang spesifik pada penyakit osteoartritis ini, obat antiinflamasi non steroid hanya berfungsi sebagai analgetik dan mengurangi peradangan, namun obat itu tidak mampu menghentikan proses patologis. obat analgetik yang bisa digunakan adalah asitaminofen dengan dosis 2,6-4 gram perhari atau dapat juga propoksifen HCL juga asam salisilat. jika terdapat tanda peradangan dapat menggunakan fenoprofin, piroksikam, ibuprofen dan yang lainya.

diet / menurunkan berat badan akan membantu dalam mengurangi timbulnya keluhan osteoartritis. Pada umumnya nyeri yang di rasakan dapat diatasi dengan obat - obatan konserfatif, namun pada kasus yang berat akan memerlukan tindakan operasi.

Comments

Popular posts from this blog

fibrosis paru / Pulmonary fibrosis

Fibrosis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jaringan parut, sehingga fibrosis paru berarti jaringan parut seluruh paru-paru. Fibrosis paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk proses inflamasi kronis (sarkoidosis, granulomatosis Wegener), infeksi, agen lingkungan (asbes, silika, paparan gas-gas tertentu), paparan radiasi pengion (seperti terapi radiasi untuk mengobati tumor dari dada) , kronis kondisi (lupus, rheumatoid arthritis), dan obat-obat tertentu.
Dalam kondisi yang dikenal sebagai pneumonitis hipersensitivitas, fibrosis paru-paru dapat mengembangkan reaksi kekebalan setelah meningkat terhadap debu organik atau bahan kimia terhirup kerja. Kondisi ini paling sering hasil dari debu menghirup terkontaminasi dengan produk bakteri, jamur, atau binatang.
Pada beberapa orang, peradangan paru kronis dan fibrosis berkembang tanpa penyebab yang dapat diidentifikasikan. Kebanyakan dari orang-orang ini memiliki kondisi yang disebut idiopathic pulmonary fibrosis (…

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )

RADANG TENGGOROKAN ( PHARYNGITIS )apa itu penyakit radang tenggorokan ?
Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.
Radang tenggorok bisa disebabkan infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif pada radang yang disebabkan oleh kuman.
Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin bisa menolong meredakan radang. Gejala radang tenggorokan sering merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.
Radang Tenggorok atau Pharyngitis ada dua macam, yakni akut dan kronis:
1. Pharyngitis akut.Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam da…

FIBIO ADENOMA MAMAE ( FAM )

Fibroadenoma mammae (FAM), umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Di bawah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang fibroadenoma mammae.
DEFINISI Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. Tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. Secara histologi: intracanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara stroma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. pericanalicular fibroadenoma; fibroadenoma pada payudara yang menyerupai kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. Tumor ini dibata…