Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SKIZOFRENIA PARANOID

Skizofrenia paranoid adalah skizofrenia yang terdiri yang terdiri dari kelainan psikosis yang berkembang perlahan – lahan di tandai dengan waham yang menetap, tidak bisa berubah, sistematis dan mempunyai alas an – alas an yang tidak masuk akal.

Gejala Skizofrenia paranoid

Gejala – gejala menurut PPDGJ III adalah :

- Proses pikir diluar sentral cukup baik.

- Struktur kepribadianya yang retak

- Gerakan cukup harmonis

- Keadaan efektif umumnya stabil, bila ada perubahan di dahului perubahan waham.


Etiologi Skizofrenia paranoid

- Ambisi yang besar, tetapi tidak mampu mencapai frustasi.

- Ingin mencapai kepribadian dari kecenderungan dan impuls yang tidak disukai

- Adanya rasa bersalah

Sering terjadi pada keluarga dimana salah satu orang tua bersikap otoriter keras. Hal ini menimbulkan kebencian terhadap orang tua yang otoriter dan identitas yang berlebihan dari orang tua lainya. Timbulnya rasa bersalah yang diatasi dengan cara rasionalisasi. Ide paranoid bervariasi luar, primer ditentukan oleh kebutuhan utama pemuasan diri dan sekunder ditentukan oleh tipe rasionalisasi. Pasien seringkali khawatir kalau – kalau wahamnya diragukan orang.

Tipe lainya mempunyai waham kebesaran dimana pasien berubah menjadi tuhan , nabi – nabi srta mempunyai kekuatan supranatural atau menjadi pemimpin untuk memperbarui dunia. Pada tipe erotic pasien menjadi percaya banyak orang yang mencintai dirinya.

Paranoid sering terjadi pada pasien dengan intelegansi yang tinggi, tetapi e nergi tidak dipergunakan secara baik. Mungkin hal ini disebabkan karena pasien menemukan bahwa mekanisme pertahanan rasionalisasi dan proyeksi merupakan mekanisme pertahanan yang memuaskan.

Psikoterapi sangat penting bersifat suportif dan redukatif tidak mengkritik waham secara langsung, melainkan mengatakan “ saya mengerti apa yang anda rasakan tetapi hal itu tidak Nampak lagi saya tidak mengungkit hal – hal yang ada pada dasarnya membuat malu “. Memperkuat kepuasanya atas kesehatan kerja yang dilakukan dalam batas – batas kemampuanya, membantu adaptasi sosial yang memuaskan.

Post a Comment for "SKIZOFRENIA PARANOID"